Apakah Wanita Lebih Banyak Dari Pria di Dunia Ini ?

Terdapat mitos ditengah masyarakat kita yang mengatakan bahwa jumlah wanita lebih banyak daripada pria. Rupanya alasan ini ternyata menjadi salah satu yang melatarbelakangi adanya poligami.

Oleh karena itu mari kita lihat ada berapa jumlah manusia di bumi ini saat ini pada demografi penduduk berdasarkan tinjauan statistik yang ada.

Yang pertama diambil adalah tinjauan statistik penduduk negara Indonesia sendiri yakni bersumber pada situs BPS Sensus 2010 (klik gambar untuk memperjelas)


Kemudian, lihatlah tinjauan statistik penduduk internasional yang dicatat pada tahun 2011 (klik gambar untuk memperjelas)

Jika dihitung, rasio jumlah wanita dan pria pada masing-masing statistik adalah:
Indonesia = 1,014 pria : 1 wanita
Dunia = 1,013 pria : 1 wanita
Kecenderungannya justru pria lebih banyak dari wanita.

Pada data ini, laki-laki tercatat lebih banyak dari wanita pada kelompok usia >60 tahun dimana masa kesuburan wanita telah berakhir karena hanya sampai umur 40 tahun. Sementara pada pria ketika usia >65 tahun lebih sedikit karena pria lebih sering mati dan tidak selamat dalam perang, kecelakaan kerja dan penyakit.

Seandainya Tuhan memang merencanakan poligami sebagai rancangan yang indah bagi penganutnya, maka seharusnya rasio wanta lebih banyak daripada pria. Kecuali jika maksudnya kita harus menikahi wanita usia >65 tahun karena wanita >65 tahun lebih banyak dari pria. Itupun tidak bakal ada yang mau.

Akan tetapi ada pula pendapat mengenai kekhawatiran yang berhubungan mengenai terjadinya perang sebab laki-laki lebih cenderung bakal menurun karena banyak yang direkrut sebagai tentara. Namun itupun hanya berlaku pada tempat yang sedang terjadi peperangan sementara banyak tempat yang tidak perang seperti di Indonesia.

Namun jika ditanya soal studi kasus statistik pasca perang, sebagai contoh adalah studi kasus statistik Nazi Jerman (pihak kalah Perang Dunia II): http://www.feldgrau.com/stats.html
Populasi Pria (1939): 38,900,000+
Usia Menikah (15-65): 24,620,748
Populasi Wanita (1939): 41,700,000+
Usia Menikah (15-65): 27,960,000+

Total Pria (tentara Jerman) mati di Perang Dunia 2: 5,533,000 (estimasi kematian terbesar, estimasi lain berkisar 2-3 juta)

Berarti jumlah pria yang tersensus sebelum perang yang masih hidup setelah masa perang tahun 1945 adalah: 38.900.000-5,533,000 = 33.377.000.
Kalau kita anggap yang mati (tentara) itu usia 15-65 maka populasi 15-65 yang masih bertahan hingga tahun 1945 itu adalah 24.620.000-5.533.000 = 19.087.000.
Sedangkan wanita ada 27.960.000. Jangan kita lupa Sekutu juga membom kota-kota Jerman dengan korban jiwa sebesar 450.000. Anggap saja semua korban ini dari wanita. Maka wanita tinggal 27.510.000
Jadi pada tahun 1945 kita anggap saja:
27.510.000 wanita : 19.087.000 pria = 1,44 wanita : 1 pria.

Sehingga dari hasil tersebut disimpulkan bahwa tak semua pria dapat melakukan poligami karena hanya 44% pria yang dapat mempunyai 2 istri sementara 56% sisanya tetap mendapatkan 1 istri. Itupun belum termasuk wanita yang menikahi pria yang berasal dari luar negara Jerman.

Jadi jikalau menginginkan jumlah wanita lebih banyak ketimbang pria haruslah diadakan sebuah perang yang lebih lama serta lebih keji lagi. Namun cara ini sungguh sangat kejam karena membunuh banyak orang hanya demi poligami terselenggarakan. Ada baiknya jika lebih baik hidup bermonogami dan tanpa peperangan di dunia ini.

Artikel Terkait: Alasan Kristen Melarang Poligami

36 komentar:

  1. September 4, 2012 @ 4:45 pm

    ya memang jumlah cewe untuk saat ini lebih kecil.tapi aku yakin suatu saat nanti jumlah wanita lebih banyak.karena secara teori bahwa persaingan hidup yng semakin tinggi memicu hormon adrenalin yng tinngi pula.lalu apa pehubungannya dengan hormon adrenalin? hormon adrenalin sangat berbanding lurus dengan jumlah kromosom x pada sperma pria.sedangkan hormon adrenalin pada wanita akan meningkatkan kemampuan menangkap kromosom x .sehingga secara teori probabilitas bayi perempuan akan lebih banyak terlahirkan.tapi untuk saat ini cewe tenang sajalah.aku sebagai laki laki juga senang mempunyai banyak rival.ya gak dapat prawan yang janda juga gak apa.yg penting solikha.

    BalasHapus
  2. kita akan sabar menunggu sampai kapan 'keyakinan' sodara anonim di atas bisa terbukti ^^

    BalasHapus
  3. Lakum Dinukum Waliadin, Bagimu Agamamu Bagiku Agamaku,
    kalau dalam Nasrani istri harus satu (Islam gak boleh marah)
    kalau dalam Islam istri boleh lebih dari 1 (Nasrani g' bole marah)
    yang jelas Islam memberikan solusi,
    yang lobidonya besar istri 1 gak akan cukup,
    solusinya apa?
    harus jajan?
    atau dengan jalan yang lebih baik (Nikah)
    Live is simple why you make it so complicated
    lagian itu kan pilihan, boleh poligami boleh nggak
    istilahnya.. dimakan boleh, nggak juga boleh
    gitu aja kok repot..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo suami libidonya tinggi ya silahkan nambah istri, kalo istri libidonya lebih ya silakan nambah suami.

      #gak ada pengendalian diri#

      Hapus
  4. Nikah kan sebenarnya bukan dimaksudkan untuk jalan pelampiasan nafsu. Menikah itu soal kasih sayang dan kesetiaan. Seiya sekata dalam segala keadaan. Lagian, kalau ada wanita yang hasratnya terlalu besar dan tidak bisa dipuaskan oleh suaminya, apa wanita tsb boleh bersuami lebih dari 1? Hasrat birahi yang terlalu besar itu tidak bisa diselesaikan dengan menikah, melainkan dengan pertobatan dan transformasi dalam diri. Berdoa memohon yang mahakuasa menolong dirinya untuk berubah.

    BalasHapus
  5. Islam adalah agama yang dalam kitabnya menyatakan bahwa pria menikah dengan satu wanita saja. Dalam surat Annisa ayat 3 disebutkan, kau boleh menikah dengan dua wanita, tiga atau empat, tetapi jika tidak dapat berbuat adil maka menikahlah dengan satu wanita. Pernyataan menikah hanya dengan satu wanita hanya ada dalam Al-Quran, tidak ada di kitab agama yang lainnya.

    Sebelum kedatangan Islam, orang arab menikahi banyak wanita, bahkan ada yang sampai ratusan. Islam datang dan memberi batasan, seorang pria hanya boleh menikahi maksimum empat wanita dengan syarat dia dapat berbuat adil terhadap keduanya atau ke-empat istrinya. Jika tidak, maka satu saja. Bahkan disebutkan dalam surat Annisa ayat 129, bahwa sangatlah sulit bagi pria untuk berbuat adil. Jadi sebenarnya poigini itu adalah pengecualian, bukan peraturan yang menganjurkan untuk pria menikahi wanita lebih dari satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawaban anda benar sekali, saya sangat setuju. bahkan dalam islan jika tidak bisa adil dlm rumah tangga yg mempunyai istri lebih dari satu jatuhnya adalah dosa.

      Hapus
  6. Berdebat, boleh-boleh saja,..tapi lebih baik belajar dulu yang banyak tentang islam dan poligami..baru diperdebatkan..Karena otak & akal itu terbatas..dan kita harus mengakui keterbatasan kita..
    Tuhan Allah SWT menjadikan lelaki dan perempuan itu berbeda..maka aturan mainnya juga berbeda..Poligami adalah solusi, bukan tujuan..dan punya aturan juga..bukan sembarangan.., makanya lebih baik belajar saja dulu yang banyak,..jgn sampai nanti termakan omongan sendiri..

    BalasHapus
  7. Al-qur'an
    itu bukan buat sekarang saja tapi nanti. Suatu saat nanti perempuan akan lebih banyak dari pria. Poligami solusi..

    BalasHapus
  8. yang homo ga di itung mas, yang jadi banci ga di itung juga mas ???
    yang murni laki2 nya berapa ...

    BalasHapus
  9. bocahpembelajar31 Mei 2013 06.29

    Emang ada ayat di alkitab yang melarang poligami? Maaf saya masih awam.. mohon pencerahan..

    BalasHapus
  10. Pantes laki2 banyak jomblo.. Saking susahnya cari pacar akhirnya mereka jadi homo. Kasian2.. Ati2 yang masih jomblo ya..

    BalasHapus
  11. islam merupakan satu-satunya yg Allah terima diatas muka bumi dan tidak ada tuhan selain Allah, hanya Allah yang tau tentang apa yang ada makhluk ciptaannya, bukan menuruti semua apa yang dipikirkan ama tu otak, yang dicerna didalam perut aja blum tau, apa lagi menyangkut aturan Allah

    http://kumpulankonsultasi.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Saya ga ngerti ga paham ga cerdas, sdikit komentar saja.
    Komentar abdullah paling cerdas,.

    BalasHapus
  13. Kini sudah di lakukan penelitian terkait hal tersebut, baca selengkapnya di Peneliti Australia: Pria Punah 5 Juta Tahun Lagi, Tanda- Tanda KIAMAT
    Semakin mendukung tanda-tanda kiamat yang diyakini oleh umat Islam, tentang jumlah Pria lebih sedikit daripada jumlah wanita

    BalasHapus
  14. copy paste dari : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/438180-peneliti-australia--pria-punah-5-juta-tahun-lagi. Peneliti Australia: Pria Punah 5 Juta Tahun Lagi
    Kromosom Y punah. Ada kemungkinan muncul spesies hominid baru.
    ddd
    Kamis, 22 Agustus 2013, 00:55 Muhammad Chandrataruna, Amal Nur Ngazis
    Pasangan Suami Istri [foto ilustrasi]
    Pasangan Suami Istri [foto ilustrasi]
    BERITA TERKAIT
    Fungsi Kromosom Pria Punah, Manusia Kawin Bisa Mandul

    Studi: Gen Penentu Laki-laki Semakin Hilang
    Risiko Bunuh Diri Seseorang Bisa Diprediksi
    Ini 16 Perempuan Peraih Penghargaan Nobel (2)
    Ini 16 Perempuan Peraih Penghargaan Nobel (1)

    Follow us on Google+

    VIVAnews - Proses evolusi kromosom Y, kromosom penentu jenis kelamin laki-laki, dianggap tidak stabil.

    Peneliti genetika Universitas LaTrobe Australia, Profesor Jenny Graves mengungkapkan, dalam waktu lima juta tahun ke depan, dampak evolusi kromosom itu bisa jadi mengakibatkan punahnya jenis kelamin pria.

    Jenny mendasarkan pada perhitungan penyusutan kromosom Y. Sekitar 166 juta tahun yang lalu, kromosom Y mempunyai 1.669 gen. Namun, hari ini jumlahnya menyusut menjadi 45 gen saja. Artinya, per satu juta tahun, gen kromosom Y hilang 9,8 gen.

    "Dengan perhitungan tersebut, kromosom Y akan punah dalam 4,6 juta tahun yang akan datang, dan pria bisa punah," jelas Profesor Jenny dalam presentasi seminar "Genom Aneh pada Hewan, Jenis Kelamin dan Masa Depan Pria" di Kedubes Australia, Kuningan, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2013.

    Dia menyebutkan, penyebab merosotnya gen yakni mutasi, pembatalan, dan penyisipan sel secara terus menerus dalam testis.

    Menurutnya tempat testis berkembang menjadi lingkungan yang kurang baik bagi kromosom Y. Dalam evolusi itu, gen potensial laki-laki yang dibawa oleh kromosom Y, banyak yang disalin ke kromosom X. Akibatnya, jenis kelamin laki-laki bisa menyusut di masa depan.

    Ia juga berspekulasi, bila nantinya manusia tidak punah, maka gen dan kromosom penentu jenis kelamin baru akan berevolusi. "Ini proses yang alamiah. Mungkin nantinya akan mengarah pada evolusi spesies hominid baru," katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu mah gila,,,
      orang yahudi di percaya

      Hapus
  15. Mana nih?????
    Yang posting gk kasih tanggapan?
    Bingung ya?
    Ternyata masih banyak orang yg cerdas dan lebih masuk akal.
    Makanya kalau posting itu jangan NAFSU...
    Tidak ada gunanya merasa paling tau (ternyata kelihatan bodohnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba baca awal dari artikel ini. Yang posting hanya menyanggah mitos yang beredar di masyarakat dimana dikatakan jumlah wanita lebih banyak dari pria. Dia mencoba menggali dan mencari tau apakah bener. Dan lebih herannya kok para pria abnormal menjadikan itu sbg alasan untuk membenarkan tindakannya supaya bisa diterima oleh masyarakat.

      Apakah orang yang mengemukakan pendapat itu dicap merasa tau dan lebih -lebih lagi dianggap bodoh karena pendapatnya berlawanan dengan ajaran agama tertentu ?


      Hapus
    2. goblok... data statistik itu dibuat berdasarkan jumlah murninya... belom dikurangin sama pria yg homo, pria yg udah lansia, pria yang memutuskan menjadi Romo atau pastor di greja katolik... nanti anda akan menemukan bahwa pria jauh-jauh lebih sedikit dibanding wanita... dan saya juga gak setuju sama yg namanya poligami dan poliandri goblok... fakta yg benar adalah perbandingan pria dan wanita usia 17-25 tahun adalah 30% pria dan & 70% wanita... itu yg bener... data salah dipake goblok bener...

      Hapus
    3. Kalo lo punya data yg bener tunjukin donk!!!! Jangan keik orang tolol bilang orang lain bego!!!!

      Hapus
  16. Poligami atau Monogami, semua itu Pilihan..jadi Pilihlah dengan Bijak, Harus siap dengan Resikonya

    BalasHapus
  17. Destine Viny Dara13 Oktober 2013 07.36

    Jadi kesimpulanya wanita lebih banyak dari pria di bumi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. datanya mana??? Koq bisa ambil kesimpulan tanpa data??? Gak pernah sekolah ya???

      Hapus
  18. dimana2 juga dari dulu pria lebih banyak dari wanita. Konspirasi untuk membenarkan poligami oleh pihak tertentu untuk memuluskan syahwatnya dengan menipu kaum wanita lebih banyak dari lakilaki. Bertobatlah saudara...terbukti islam selalu salah dan kalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan komentar hoak..!!
      ni saya pinjem komentar ABDULLAH:
      Islam adalah agama yang dalam kitabnya menyatakan bahwa pria menikah dengan satu wanita saja. Dalam surat Annisa ayat 3 disebutkan, kau boleh menikah dengan dua wanita, tiga atau empat, tetapi jika tidak dapat berbuat adil maka menikahlah dengan satu wanita. Pernyataan menikah hanya dengan satu wanita hanya ada dalam Al-Quran, tidak ada di kitab agama yang lainnya.

      Sebelum kedatangan Islam, orang arab menikahi banyak wanita, bahkan ada yang sampai ratusan. Islam datang dan memberi batasan, seorang pria hanya boleh menikahi maksimum empat wanita dengan syarat dia dapat berbuat adil terhadap keduanya atau ke-empat istrinya. Jika tidak, maka satu saja. Bahkan disebutkan dalam surat Annisa ayat 129, bahwa sangatlah sulit bagi pria untuk berbuat adil. Jadi sebenarnya poigini itu adalah pengecualian, bukan peraturan yang menganjurkan untuk pria menikahi wanita lebih dari satu.

      Hapus
  19. INI YG BIKIN BLOG KELIHATAN BODOHNYA AKIBAT KEBENCIAN PADA ISLAM ! PADAHAL KITABNYA SENDIRI SANGAT BERTENTANGAN DENGAN IPTEK, BEDA DGN AL QURAN YG KIAN HARI KIAN TERKUAK KEBENARAN ILMAIAHNYA. SOK SUCI MALAH MELHIRKAN ANAK2 HARAM AKIBAT ZINAH DAN SELINGKUH !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya islam belum bisa membuktikan dengan data hanya klaim saja. Kalo anda bicara dengan orang cerdas dan kritis ya gak bakal percaya lah mereka..............

      Hapus
  20. mungkin untuk saat ini lebih banyak laki2 di dunia ini, tapi ini tidak lepas dari masalah india dan china yang jumlah penduduknya untuk masing2nya mencapai 1,2m lebih (di total=2,5m. 35% dari penduduk dunia dengan total 7m) dinegara2 barat dan afrika perbandingannya adalah 10pria / 15wanita. tapi di india dan china memiliki anak perempuan adalah aib sehingga bayi perempuan banyak dibunuh bahkan sebelum mereka lahir. dan akibat pembunuhan terhadap bayi perempuan ini tentusaja jumlah laki2 lebih banyak di india dan china,yaitu 10pria / 7wanita. dan karena 2 negara itu memiliki juhlah 35% total penduduk dunia, maka bayangkan saja berapa banyak bayi perempuan yang digugurkan setiap harinya. dan karena pembunuhan terhadap bayi perempuan inilah penyebabnya kenapa laki dan perempuan didunia ini relatif 100pria /105wanita, karena pembunuhan besar-besaran terhadap bayi wanita.

    BalasHapus
  21. semoga wanita didunia ini musnah saja, sehingga pria tidak ada pilihan untuk ML selain dengan sesama pria.
    Pro for Gay
    and i hate woman coz i have to married with woman. i love male

    BalasHapus
  22. Admin ini hendak menggagalkan rencana Allah SWT, tak akan ada yang mampu menggagalkan rencana-Nya.. sekalipun umat Islam itu sendiri..
    Allah telah menunjukan tanda-tanda Kekuasaan-Nya di langit & di bumi.. tapi orang-orang kafir menutup mata & telinganya, Allah pun menutup rapat mata hati mereka hingga ke liang lahat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cuma data statistik apa hubungannya sama allah swt?????

      Hapus
    2. iya nie orak norak banget data ko di kait2n sama tuhan....

      Hapus
  23. Yang perlu d perdebatin tuh overpopulasi sumberdaya bumi makin tipis bung riset WHO 50 thn lg populasi nambah 4milliaran brarti 7+4 11m sedangkan jumblah ideal manusia d muka bumi nih utk hidup menghabiskan sumber daya 300 thn lagi adl 5 m , kelaparan berhimpitan penyakit , blm lagi faktor penumpuk modal yg mnghisap proletar bisa saja karna terobjektivikasi berkali2 lipat d masa depan manusiapun jadi komoditi. Klo mau diskusi lebih lanjut ini twitter saya @danukusnendar_ oya metode berfikir saya historis matrealisme dan dialektika , saya seperti feurbach yakin bahwa teologi itu sbnrnya antropologi proyeksi impian tuhan dengan proyeksi materil manusia , jadi saya gak mihak agama manapun

    BalasHapus
  24. Judul "Apakah jumlah wanita lebih banyak dari pria di dunia ini " dengan kalimat pembuka tentang Mitos poligami karena jumlah wanita lebih banyak ketimbang pria.
    Pertanyaannya :
    1. Mengapa jadi perdebatan agama.?
    2. Mengapa saling meng goblokkan orang lain.?
    3. Mengapa jadi bawa bawa kitab suci dan ayat ayatnya.?
    4. Mengapa jadi menghujat agama lain.?

    Kalau dikatakan bahwa bangsa arab laki laki suka kawin dengan banyak wanita bahkan ratusan sebelum kehadiran Islam, maka dapat disimpulkan bahwa itu adalah budaya disana, kebiasaan perang suku yang dilakukan suku suku di arab menyebabkan jumlah laki laki lebih sedikit akibat perang bisa diterima, sehingga janda janda harus ada yang menghidupi, dan harus dipahami juga bahwa yang melakukan pernikahan dengan banyak wanita ini adalah orang orang yang mampu secara finansial, jadi sekali lagi tidak ada kaitannya dengan agama.

    Dikatakan Mitos, karena memang banyak beredar pendapat bahwa jumlah wanita lebih banyak dari pria, bahkan yang extrim mengatakan 1: 5,

    Jadi tidak ada hubungannya dengan Agama. Tks

    BalasHapus
  25. Ini sih berita ga benar.
    Kalau banyak pria,,, kenapa banyak janda? banyak prostitusi?
    Sy sudah cukup banyak keliling indonesia DAN faktanya,,,prostitusi ada di semua kota indonesia.
    Dan memang takdirnya seperti itu,,,
    Wanita harus terima apa adanya.

    BalasHapus